Minggu, 09 Februari 2014

KERAJAAN INDERAGIRI


Kerajaan Indragiri
کراجاءن ايندراݢيري
 

 
1347–1945
 

 
Ibukota
Bahasa
Agama
Dari Buddha berubah menjadi Islam
Pemerintahan
Sejarah
 - 
Didirikan
1347
 - 
Dibubarkan
1945
WarningValue specified for "continentdoes not comply
Kerajaan Inderagiri merupakan sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri, sekarang dengan wilayahnya berada pada Kabupaten Indragiri Hilir, danKabupaten Indragiri HuluProvinsi RiauIndonesia.
Sebelumnya kerajaan ini merupakan bawahan (vazal) Kerajaan Pagaruyung dan sekaligus sebagai kawasan pelabuhan. Kemudian kerajaan ini diperebutkan olehKesultanan JambiKesultanan Siak, dan Kesultanan Aceh.
Etimologi
Inderagiri berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Indera yang bermaksud sama dengan raja dan Giri yang berarti bukit atau kedudukan yang tinggi, sehingga katainderagiri secara harfiah berarti Raja Bukit.
Pendirian
Sampai tahun 1515, berdasarkan catatan perjalanan Tomé Pires dalam Suma Oriental kawasan Indragiri masih disebutkan sebagai kawasan pelabuhan raja Minangkabau,[1] namun kerajaan ini diberi kebebasan mengatur urusan dalam dan luar negerinya sendiri. Wilayah kerajaan ini dilalui oleh Batang Kuantan (atau disebut juga Sungai Indragiri pada kawasan hilirnya), di mana hasil bumi dari kawasan pedalaman Minangkabau dulunya didistribusikan melalui sungai ini, yang berhulu pada Danau Singkarak (sekarang masuk wilayah Provinsi Sumatera Barat) dan bermuara pada kawasan pesisir timur Pulau Sumatera.
Rujukan :
^ Cortesão, Armando, (1944), The Suma Oriental of Tomé Pires, London: Hakluyt Society, 2 vols.


Sumber: Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar